Sejarah Internet

Posted by: Joko M | 30/04/2018 | Kategori: Sejarah | 44 kali dibaca | Rating: 28

Sejarah Awal Internet

Internet adalah singkatan dari interconnection-networking, dan dapat diartikan bahwa internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung.

Seperti ditulis dalam situs id.wikipedia.org, Internet pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET singkatan dari Advanced Research Project Agency Network, di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 

Bapak Internet

Pada tahun 1972, tim riset dan pengembang yang dibentuk oleh ARPANET bernama International Network Working Group (INWG). Bertujuan untuk meningkatkan teknologi komputer dan pembuatan standar dalam suatu jaringan komputer. Tersebutlah seseorang bernama Vint Gray Cerf yang merupakan pembicara awal dari kelompok INWG tersebut, mengumumkan hasil riset dan penelitian tekait dengan jaringan komputer tersebut juga perkembangan terkait dengan jaringan komputer, yang membuatnya dikenal sebagai “Bapak Internet”.

Dilansir dari id.wikipedia.org, Vinton Gray Cerf (lahir 23 Juni 1943) adalah seorang ilmuwan komputer kebangsaan Amerika Serikat yang sering disebut sebagai salah satu bapak pendiri Internet, atas peran kuncinya dalam pembuatan protokol TCP/IP yang menjadi basis dari jaringan Internet.

Cerf juga merupakan pendiri Internet Society pada tahun 1992, organisasi yang berperan sebagai organisasi yang memayungi bagi berbagai kelompok teknis yang bertugas mengembangkan internet (antara lain Internet Engineering Task Force). Cerf menjabat sebagai ketua Internet Society hingga 1999.

Sumber :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
  2. https://enjiner.com/sejarah-internet/
  3. https://bnet.id/sejarah-internet/
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Vinton_G._Cerf

 

 

 

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Sejarah internet Indonesia

by: Joko M | 01 May 2018

Sejarah Internet

by: Joko M | 30 April 2018

POST TERBARU

Sejarah internet Indonesia

by: Joko M | 01 May 2018

Sejarah Internet

by: Joko M | 30 April 2018